Menengok Makam Keramat Cikal Bakal Peradaban Masyarakat Wanajaya 






Pada suatu daerah, ada saja area permakaman yang dikeramatkan. Dikeramatkannya suatu permakaman, biasanya karena diyakini menyimpan cerita yang membekas bagi kehidupan masyarakat. Di Desa Kalangsari, tepatnya di Dusun Wanajaya, terdapat juga permakaman yang dikeramatkan. 

Di area kuburan itu, di tempat tersebut ada suatu makam yaitu Uyut Nuri sekitar tahun 1916 Lalu siapa mereka? Masyarakat setempat meyakini bahwa mereka adalah leluhur masyarakat Dusun Wanajay. Selain itu, mereka dinilai berjasa dalam menata kehidupan alias peradaban masyarakat.

 "Menurut keterangan turun temurun dari leluhur saya ceritanya seperti itu, Makam keramat Uyut Nuri adalah leluhur masyaeakat dusunwanajaya ujar Bah Ayo. Namun demikian, berdasarkan cerita Keturunan dari Uyut Nuri di antaranya adalah H. Ayo merupakan cucu yang masih hidup dari keturunan uyut nuri Masyarakat meyakini Uyut Nuri, memiliki jasa terhadap peradaban masyarakat di Desa Kalangsari terutama di Dusun Wanajaya. Hingga akhirnya, lanjut Abah Ayo makam-makan tersebut dikeramatkan warga setempat. 

Namun, ibarat ingin mendapat keberkahan, banyak orang yang kemudian berziarah ke permakaman. Pernah datang Peziarah dari luar daerah dan mengaku masih keturunan dari  Uyut Nuri ini. Dulunya wanajaya disebut kampung wanasepi lalu pada tahun 1992 nama kampung wanasepi di ganti dengan dusun wanajaya.

Komentar