Tradisi Ngabungbang Dusun Wanajaya

 


Ngabungbang adalah salah satu tradisi leluhur turun temurun yang rutin dilaksanakan setiap tahun oleh masyarakat Sunda khususnya di dusun wanajaya desa kalangsari  pada setiap tanggal 14 Mulud, Ngabungbang sendiri berasal dari kata Nga dan Bungbang, Nga berarti Ngahijikeun atau Mempersatukan dan Bungbang berarti Membuang atau Membersihkan, bila diartikan keseluruhan Ngabungbang adalah Mandi suci dengan niat menyatukan cipta, rasa dan karsa untuk membuang semua perilaku tidak baik lahir ataupun batin.

Tradisi ngabungbang sampai saat ini masih rutin dilaksanakan oleh Masyarakat Dusun Wanajaua Desa Kalangsari , dengan tujuan untuk bermunajat hanya kepada Allah SWT untuk memohon ampunan dan bertobat dari segala kesalahan yang telah diperbuat.

Selain itu, ritual ini juga bertujuan memohon kekuatan untuk kebaikan dalam mencapai segala cita-cita hingga mendapatkan peningkatan kualitas pribadi dalam kehidupan, Minggu  (02/11/2020).

Acara ngabungbang yang berlokasi di komplek makam leluhur yang berlokasi di Dusun Wanajaya RT. 08 tersebut di ikiti oleh para tokoh masyarakat dan pemuda di sekitar dusun wanajaya. 

Komentar